Posted by : Unknown Rabu, 28 Agustus 2013



         Dr.H.Ajiep Padindang,SE.MM, Calon Anggota DPD RI periode 2014-2019,  pekan lalu mengunjungi sejumlah desa di Kecamatan Parigi dan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa, dalam rangkaian sialturrahmi dengan tokoh masyarakat desa di pegunungan Gowa, sekaligus merekam berbagai informasi tentang masalah-masalah yang dihadapi penduduk dataran tinggi. 

        Menurut Ajiep Padindang, penduduk dataran tinggi Kabupaten Gowa, mempunyai sejumlah komoditi andalan yakni antara lain Kopi. " Masyarakat sudah pintar disini karena langsung mereka pasarakan hasil produksi Kopi nya ke Sungguminasa bahkan ke Makassar," kata Dg,Emba, tokoh masyarakat di Majannang, ibu kota Kecamatan Parigi.

         Kopi yang menjadi menjadi andalan penduduk dataran tinggi, selain Arabika juga ada jenis kopi yang khas yakni 'Kopi Misinia' dengan biji agak kecil tetapi aromanya sangat khas dan memang terasa kental kopinya. " Tetapi kalau sudah dijual, namanya Kopi Malino jadi nama Kopi disini tidak dikenal," kata Dg.Sampara, penduduk Kampung Tonrong Kambang, Desa Bilang Rengi, Kecamatan Parigi. Bahkan diakuinya, kewalahan memetik Kopi, sebab kebanyakan anak muda di desanya suka pergi merantau, padahal juga ada lapangan kerja tersedia dikampung. 

         Harga Kopi biji kering Rp.10.000 perliter atau sekitar Rp.15.000 per-kg, termasuk lumayan harganya. Mereka mengeringkan sepanjang jalan-jalan, sehingga perlu bimbingan dan bantuan dalam hal teknis pengeringan Kopi. " Kita terkadang sulit jalan karena bahu jalan dipakai mengeringkan Kopi," komentar Ajiep Padindang. Selain Kopi, juga Cengkeh dan sayur-sayuran. " Saya sekaligus sosialisasi sebagai Calon anggota DPD RI," tandas Ajiep Padindang. **

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Inimi Pilihan Yang Tepat

Inimi Pilihan Yang Tepat

Ajiep Padindang For DPD-RI

Ajiep Padindang For DPD-RI

@-jip Community

Statistik Pengunjung


Copyright © 2012 DR. H. AJIEP PADINDANG All Right Reserve