Posted by : Unknown Rabu, 28 Agustus 2013


AJIEP PADINDANG PRIHATIN DENGAN PENDUDUK BATU-BATU, SOPPENG

        Dr.H.Ajiep Padindang,SE.MM; Ketua Komisi A DPRD Sulsel yang juga Calon  Anggota DPD RI Periode 2014-2019, memenuhi permintaan tokoh masyarakat Dana Batu-Batu di Kelurahan Kaca, untuk menyaksikan Acara Maccera Tappareng sekaligus dirangkaikan dengan Festival Perahu Dayung, hari Ahad 25 Agustus 2013. Ritual tahunan nelayan Dana Batu-Batu ini, ditandai dengan suasana keprihatinan sebab air tidak bakal surut walau sudah akhir Agustus. " Kita suka kalau air danau naik tetapi sekarang melebar ke kawasan persawahan dipinggir danau. Ini dampak Bendung Gerak di Wajo, " ungkap La Dai, Macoa Tappareng Kaca.

       Pesta Rakyat berupa Maccera Tappareng juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata mewakili Bupati bersama Kadis Perikanan, disaksikan ribuan nelayan bukan hanya dari Batu-Batu namun juga dari Wajo dan Sidrap. " Setiap tahun kami buat kegiatan seperti ini," ujar M.Yahya, salah seorang tokoh masyarakat. Sedangkan La Dai, berharap agar Pemerintah Provinsi berperhatian untuk mengantisipasi dampak Bendung Gerak di Wajo yang membuat air Danau di Batu-Batu makin meluap. " Ini harus dibahas dengan Pemda Wajo dengan fasilitasi Pemda Provinsi," katanya. Maksudnya adalah, agar Bendung Gerak setiap saat dibuka agar air danau stabil dan tidak membuat penduduk di Batu-Batu bahkan di Sidenreng kena luapannya. Danau yang masuk wilayah Soppeng selama ini stabil pada sekitar 2500 Ha, namun dengan luapan yang terjadi sebagai imbas dari Bendung Gerak, menjadi sekitar 3000 Ha, namun 6.00 Ha, saat ini dikuasai Pemda Wajo. 


Foto  Tokoh Nelayan Macoa Tappareng H.Dai (La Dai) bersama dengan Ketua Komisi A DPRD Sulsel saat berkunjung ke Danau Batu-Batu menyaksikan Acara Maccera Tappareng.




Foto, Ketika bersama Kadis Pariwisara dan Kebudayaan Soppeng Drs.Andi Unru Mappajanci dan Kadis Perikanan Soppeng menuju acara

             Ajiep Padindang sempat berdialog dengan para nelayan dan melalui ketuanya diperoleh informasi bahwa, puluhan rumah di wilayah Danau Batu-Batu saat memuncak hujan beberapa bulan sempat tenggelam hingga bubungan rumah. " Pencarian Ikan di danau setiap tahunnya meningkat, namun kalau air terlalu tinggi sulit juga nelayan bergerak. " Terutama rumah penduduk di sekitar danau terus tergenang air, bahkan pernah sampai dilantai rumah," ujar La Daling, Koordinator Nelayan Danau Kaca, Batu-Batu, Soppeng.

                                                                                                                     25 Agustus 2013


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Inimi Pilihan Yang Tepat

Inimi Pilihan Yang Tepat

Ajiep Padindang For DPD-RI

Ajiep Padindang For DPD-RI

@-jip Community

Statistik Pengunjung


Copyright © 2012 DR. H. AJIEP PADINDANG All Right Reserve